Jumat, 16 November 2012

Perbedaan stock kernel dan custom kernel

Apa itu stock kernel?
dan apa itu custom kernel?
berikut penjelasan nya.

"penjelasan ini di tujukan untuk newbie/orang awam"
"Untuk yg sudah mengerti, mohon di tambahkan apa yang kurang di kolom komentar
"

Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu kernel.
Dalam komputasi , kernel merupakan komponen yang paling utama dari OS komputer, yang merupakan jembatan antara aplikasi dan hardware sebagai pengolahan data secara aktual.  Tanggung jawab kernel termasuk sumber daya sistem pengelolaan (komunikasi antara hardware dan software komponen). Biasanya, sebagai komponen dasar dari suatu sistem operasi, kernel dapat menyediakan tingkat terendah lapisan abstraksi untuk sumber daya (terutama prosesor dan I / O device ) bahwa perangkat lunak aplikasi harus mengontrol untuk melakukan fungsinya.
Cukup penjelasan dari saya ttg kernel.
Sekarg kita lihat perbedaannya

Stock kernel
Kernel bawaan OEM, pabrikan, yang fungsinya standar di peruntukan melakukan kerja yg minimal, biasanya d sesuaikan dengan tingkat Processor dan RAM pada device/Smartphone.

Custom Kernel
Pengembangan dari stock kernel yg d peruntukan untuk melakukan kinerja yg lebih pada suatu komputer/smartphone, sehingga mampu melakukan apa yg stock kernel tidak bisa lakukan. Tetapi Custom tidak seluruhnya sempurna, keberadaan BUGS dalam Custom kernel membuat kernel tidak stabil berbeda dengan stock kernel yg stabil tapi tidak bisa untuk melakukan proses yg diluar batas kernel itu sendiri.
Dalam smartphone, sperti ANDROID kernel melakukan hal yg sama pada komputer. Akan tetapi untuk menggunakan CUSTOM KERNEL pada ANDROID banyak yg tidak berhasil, di karenakan harus melalui langkah yg mungkin org awam belum ketahui. Dari mulai proses ROOT hingga UNLOCK BOOTLOADER yg sangat beresiko membuat ANDROID menjadi rusak, atau BRICK. Kita akan bahas apa itu BRICK dan berbagai macam brick d postingan selanjutnya.
Untuk langkah root, khusus SONY ERICSSON X8, cek kolom samping kiri untuk tutorialnya.
Untuk langkah UNLOCK BOOTLOADER khusus SONY ERICSSON X8 belum saya posting masih berupa draft. (masih mengumpulkan data)

4 comments:

mojang massage mengatakan...

oke gan...

Gede widiana mengatakan...

Artikel yang bsgus gan. :)

Gede widiana mengatakan...

Artikel yang bsgus gan. :)

Azzfinity mengatakan...

Thanks